Thursday, September 8, 2016

Pentingkah Antivirus Di Android

Pentingkah Antivirus Di Android


Mungkin pertanyaan ini pernah terpikirkan di dalam benak kita masing-masing. Wajar saja, smartphone Android besutan Google menguasai pasaran smartphone lebih dari 80%. Di zaman sekarang, kebanyakan orang menggunakan smartphone ya bersistem operasi Android. Pastinya kalian takut jika ponsel kalian menjadi hang atau rusak karena virus di Android, makanya kita semua pasti berpikir untuk mencari antivirus apa sih yang terbaik untuk Android kita.

Yang menjadi perhatian admin, apakah hal itu benar? Apakah penting menginstal antivirus di Android? Menurut pendapat admin, kita TIDAK PERLU menginstal Antivirus di ponsel Android. Mengapa? Mungkin kalian pernah mendengar bahwa Android adalah sistem operasi turunan dari Linux. Seperti yang kita tahu, bahwa di Operating System (OS) Linux hampir tak pernah terdengar adanya virus yang mampu merusak sistem operasi tersebut. Kata "virus" sangat lekat dengan sistem operasi Windows, di PC / Laptop yang kita gunakan sehari-hari. Pasti kita pernah mendengar kata-kata seperti "aduh, komputernya kena virus nih | komputernya jadi hang karena kemasukan virus | jangan masukin flashdisk, nanti kena virus" seperti itulah hal yang sering kita dengar. Kejadian seperti ini hanya terjadi di OS Windows buatan Microsoft, sementara di Linux sangat jarang kedengaran demikian. Jika induk dari Android adalah Linux yang bebas tanpa  virus, jelaslah juga sistem operasi Android juga bebas dari virus. Dari kesimpulan ini admin menyatakan bahwa tidak perlu instal aplikasi antivirus di Android.

Jika kalian pernah menginstal antivirus di Android, apakah kalian tidak menyadari bahwa performa ponsel kalian akan sedikit "lemot"? Kebanyakan aplikasi-aplikasi yang katanya antivirus itu menggunakan resource memory ponsel yang cukup besar

Seperti halnya semua hal di dunia ini tak ada yang sempurna, begitupun di Android, walaupun ponsel anda aman dari virus, tapi tetap saja ada gangguan jahat seperti malware. 

Apa itu malware? Malware adalah aplikasi / program jahat yang dapat merugikan kita dan tentunya ponsel Android kesayangan kita. Banyak contoh aplikasi malware yang merugikan kita, seperti pemaksaan berlangganan SMS Premium, mengirim email spam otomatis, memasukkan iklan-iklan ilegal ke ponsel anda dan yang paling fatal mencuri informasi pribadi seperti password dan lain-lain.

Kita sadari atau tidak, program malware tersebut masuk ke ponsel biasanya kita karena ulah kita sendiri, karena kitalah yang menginstal aplikasi tersebut ntah memang sengaja ataupun tidak. Berikut tips untuk menghindari malware di Android:
  • Jangan instal aplikasi selain dari Google Playstore
  • Instal aplikasi yang hanya kita kenal saja, atau yang populer dipakai orang-orang Aplikasi-aplikasi yang kurang dikenal / mencurigakan, sebaiknya anda hindari untuk diinstal
  • Jangan mudah terpancing untuk mengklik iklan-iklan yang tampaknya "menarik", apalagi iklan yang berbau pornografi, karena padahal sebenarnya itu adalah manipulasi malware yang bersiap untuk diinstal di ponsel anda
Semoga dengan postingan ini kalian menjadi sedikit mengerti jawaban dan paham dari perlukah menginstal antivirus di Android.

Available link for download